#Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam LALIMPALA Univ. Tadulako Palu Sulawesi Tengah-Indonesia# Selamatkan Bumi Indonesia hari ini dan mulai dari lingkungan kita sendiri#Save Our Earth

Kamis, 22 Januari 2009

Pendakian Gunung Semeru Ditutup akibat Cuaca Buruk


Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), menutup total pendakian di Gunung Semeru sejak awal Januari 2009 akibat cuaca buruk.
Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Humas TNBTS Kota Malang Nova Eliana kepada Media Indonesia, Senin (12/1), mengatakan penutupan gunung tertinggi di pulau Jawa (3.676 meter di atas permukaan laut) itu dilakukan sejak 5 Januari lalu hingga waktu yang belum ditentukan. Sedangkan statusnya waspada.
Hasil laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung, yang memantau aktivitas Gunung Semeru di Pos Pantau Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, menyebutkan intensitas hujan gerimis hingga deras sejak Desember 2008-Januari 2009 sangat tinggi. Pantauan intensitas hujan dalam sehari tercatat sebanyak 20 kali.
Selain itu terjadi penurunan dratis pada suhu udara, terendah mencapai 21 derajat Celcius sedangkan tertinggi hanya 23 derajat Celcius. Penurunan suhu udara itu dinilai membahayakan keselamatan pendaki karena pendaki berpotensi terserang hipotermia (keadaan tubuh merasa kedinginan) bila aktivitas perndakian gunung tetap dibuka. Angin juga bertiup sangat kencang, tegasnya.
Untuk itu, ujarnya, direkomendasikan kepada masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Semeru, terutama di sepanjang aliran Besuk Bang, Besuk Kembar, Besuk Sat, dan Besuk Kabokan, Kabupaten Lumajang, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya longsor dan banjir yang membawa material vulkanik.
Selain mempertimbangkan cuaca buruk, kata Nova, penutupan Gunung Semeru juga disebabkan adanya perbaikan jalan dan pemasangan papan penunjuk jalan di jalur pendakian. Kami juga sedang melakukan revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian yang mengalami kerusakan setelah pendakian dibuka untuk perayaan tahun baru 2009, tukasnya.
dengan melihat kondisi yang ada, mau ga mau kawan2 yang mo ke semeru di undurin dulu plannya !