#Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam LALIMPALA Univ. Tadulako Palu Sulawesi Tengah-Indonesia# Selamatkan Bumi Indonesia hari ini dan mulai dari lingkungan kita sendiri#Save Our Earth

Kamis, 28 Mei 2009

Petualang tanpa Jejak

Di negeri ini, telah menyajikan berbagai arena petualangan yang sangat menantang bagi para penggiat alam bebas. Umumnya pada petualang alam bebas, para penggiatnya sangat gemar untuk menejelajahi wilayah baru sebagai satu rangkaian dari aktivitas petualangannya. Apalagi dengan tersedianya alat dan pengetahuan petualangan yang baik, akan mempengaruhi psikologi mereka untuk lebih mengeksplor lagi keinginan dan kemampuan mereka.
Tapi tidak sedikit para penggiat alam bebas hanya mengandalkan kemauan dan keingintahuan saja, tanpa memperdulikan keselamatan jiwa dan tujuan mereka sebelum melakukan aktivitas alam bebas. Sebagaimana dengan beberapa kejadian yang real di depan mata kita, misalnya pendaki yang hilang/tersesat di gunung gede pangrango, ceremai dan Argopuro. merupakan beberapa aktivitas petualangan yang tidak diinginkan oleh semua petualang alam bebas.
Petualangan yang baik seharusnya memperhatikan beberapa hal, misalnya :
1. Anggota tim
2. Kelengkapan logistik petualangan
3. Tujuan petualangan
4. Mengikuti alur perizinan/pelaporan

beberapa kriteri ini merupakan hal-hal standar yang harus dimiliki penggiat alam bebas, sehingga dalam aktivitas petualangannya akan merasa aman dan terarah.
Anggota tim seharusnya sudah menguasai tekhnik dasar petualangan dan telah berbagi tugas sebagai tanggung jawab personal tim serta siap dengan psikologi yang baik.
kelengkapan logistik petualangan minimal harus standar dan makanan yang disesuaikan dengan medan (pemakaian kalori dll).
Tujuan Petualangan seharusnya di pastikan/jelas, misalnya ke gunung mana ?.
Mengikuti alur perizinan/pelaporan, minimal diketahui oleh ketua organisasi dengan memberikan laporan tertulis tentang anggota tim, logistik dan tujuan petualangan serta selalu memberikan laporan ke petugas pos pendakian atau pemerintah setempat.

Keinginan berpetualang jangan diartikan dengan menggunakan berbagai cara yang tidak lazim dalam dunia petualangan alam bebas, sebab akan berdampak kurang baik dalam melakukan petualangan.
Petualang yang baik, bukan menghitung berapa tempat yang telah di jelajahi tetapi kemajuan apa yang di peroleh dari sebuah petualangan.